majujayamotor.id

Call us : +62812 8365 2989
mjmasd

5 Alasan Umum Kecelakaan Sepeda Motor dan Cara Mengurangi Risikonya

Saat berkendara di jalan raya dengan menggunakan sepeda motor memang kita akan dihadapkan pada resiko yang disebut kecelakaan. Dari sini, saat berkendara kita perlu berhati-hati dan waspada. Tidak hanya saat berkendara, upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan tersebut perlu dilakukan pada sepeda motor sebelum berkendara. Caranya, tentunya Anda perlu melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap suku cadang atau komponen motor dan memastikan semuanya dalam kondisi baik. Nah, berikut beberapa penyebab umum terjadinya kecelakaan pada sepeda motor dan cara-cara mengurangi risiko menurut Jusri Pulubuhu selaku Kepala Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

  • Kurangnya konsentrasi

Menurut Jusri Pulubuhu, penyebab umum kecelakaan sepeda motor yang pertama adalah kurangnya konsentrasi saat berkendara. Berkendara di jalanan memang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi untuk menghindari kecelakaan. Namun nyatanya di jalanan kita sering menjumpai pengendara motor yang mengemudi sambil melakukan aktivitas seperti mendengarkan lagu melalui headset, melamun, dan menerima panggilan telepon. Tentunya beberapa aktivitas tersebut harus dihindari karena dapat menimbulkan risiko terjadinya kecelakaan di jalan raya.

  • Tidak Ada Lalu Lintas Tertib

Peraturan lalu lintas diberlakukan untuk mencegah kecelakaan di jalan raya. Namun sayangnya banyak kita jumpai pengendara sepeda motor yang tidak mematuhi peraturan atau ketentuan lalu lintas. Contoh dari beberapa perilaku pengendara motor yang tidak teratur adalah menyalakan lampu merah, melawan arus dan lain-lain. Dari perilaku semacam ini, tentunya resiko terjadinya kecelakaan akan semakin besar. Jadi bagi Anda yang ingin terhindar dari kecelakaan harus mematuhi peraturan dan ketentuan lalu lintas.

  • Motor Mengebut Terlalu Cepat

Selanjutnya, penyebab umum terjadinya kecelakaan sepeda motor di jalan raya adalah karena memacu sepeda motor terlalu cepat. Sepeda motor yang dipacu dengan cepat memang dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Meski motor dilengkapi dengan banyak fitur, namun faktor eksternal seperti kondisi jalan raya, sikap pengguna jalan lain dan hal-hal di luar kendali dapat menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Jadi bagi Anda yang ingin meminimalisir terjadinya kecelakaan saat membawa motor pastikan tidak berakselerasi terlalu cepat.

  • Keegoisan dan Kurangnya Empati

Pengendara yang egois dan ceroboh saat mengemudi sangat berbahaya. Seolah-olah memiliki jalan sendiri, mereka menjadi raja jalanan dan mengabaikan pengemudi lain yang sebenarnya memiliki hak. Di sinilah pengendara sepeda motor yang egois dan kurang empati di jalanan sering terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, agar kecelakaan ini bisa diminimalisir, pastikan Anda terhindar dari sifat egois atau semaunya saat berkendara. Jangan lupa untuk selalu berempati dengan pengemudi lain karena mereka juga berhak atas jalan raya.

  • Faktor Kondisi Kendaraan atau Motor

Terakhir, penyebab yang sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan pada pengendara sepeda motor adalah kondisi kendaraannya, dalam hal ini sepeda motor. Kendaraan atau sepeda motor yang tidak dalam kondisi baik sangat mungkin memicu terjadinya kecelakaan. Sebut saja misalnya sepeda motor dengan rem yang buruk, maka hal ini bisa mengakibatkan terjadinya tabrakan atau kecelakaan. Begitu juga sepeda motor dengan ban tipis, saat hujan dan jalanan basah akan meningkatkan terjadinya ban selip yang berujung pada kecelakaan. Jadi jika memang kondisi motor anda kurang bagus sebaiknya segera bawa ke bengkel resmi untuk diperbaiki.

Itulah beberapa penyebab umum yang sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan pada sepeda motor. Dari sini, Anda sebagai pengendara sepeda motor harus menghindari beberapa penyebab tersebut. Bagi anda yang membutuhkan service motor untuk perbaikan suku cadang atau komponen motor, JG Motor bisa anda jadikan pilihan atau alternatif tempat untuk dituju.

Postingan 5 Alasan Umum Kecelakaan Motor dan Cara Mengurangi Resikonya muncul pertama kali di Yamaha JG Motor.

Leave a Reply

Open Chat
Halo , Ada yang bisa saya bantu?