majujayamotor.id

Call us : +62812 8365 2989
mjmasd

JAKARTA – Mengendarai sepeda motor di jalan raya membutuhkan ketrampilan bagus untuk aman bagi Anda dan pengguna jalan lainnya. Termasuk menguasai dua teknik dasar penting dalam berkendara, yaitu kontrol gas dan pengereman yang baik.

Tim Keselamatan Berkendara PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan, engineering
ini harus diketahui dan dipelajari oleh pengguna sepeda motor, baik untuk pemula hingga pengendara tingkat lanjut.

Pengetahuan
dasar untuk belajar adalah mengetahui berbagai fitur sepeda motor
terkait dengan keselamatan berkendara, seperti sistem pengereman,
instrumen pencahayaan, kaca spion dan lainnya.

Memahami berbagai fitur ini sangat penting, terutama bagi pemula atau pengendara baru
mengurangi potensi bahaya saat berkendara untuk diri sendiri atau orang lain.
Selanjutnya mulailah belajar teknik mengemudi.

Untuk teknik pengereman, pastikan
sepeda motor dalam keadaan mati mesin dengan posisi standar tengah, tutup
putaran gas kemudian tarik tuas rem dengan 4 jari untuk mendapatkan pengereman
secara maksimal dan juga tarik tuas rem belakang atau injak pedal rem belakang
kemudian tarik tuas kopling dan kemudian turunkan kaki kiri.

Ini bisa dilakukan berulang kali
membiasakan diri sebelum berlatih dengan mesin berjalan.

Selain itu, pengendara juga bisa berlatih menggunakannya
mengemudi alat simulasi seperti Honda Riding Trainer (HRT) untuk berlatih
teknik mengemudi dasar dan meningkatkan pemahaman tentang keselamatan
mengemudi dengan aman dan efektif. Metode lain, bisa juga berlatih
jalankan sepeda motor dari titik A ke titik B ditemani
instruktur berpengalaman.

Sementara teknik kontrol gas bisa dilakukan dengan membuka gas
dengan memutar perlahan sehingga energi yang dikeluarkan bisa
dikontrol dengan baik dan tutup siklus gas dengan cepat. Sebaliknya, jika
ada tuas kopling, tarik tuas kopling dengan cepat dan lepaskan
lambat

Untuk teknik
pengereman dasar, ada
3 tingkat pelatihan. Pada tingkat
Pertama, fokuskan latihan koordinasi
putaran gas, tuas rem / pedal rem dan tuas kopling. Tingkat kedua, berlatih pengereman dengan kecepatan lebih tinggi
peningkatan antara 30km / jam – 50km / jam.

Di atas panggung
ketiga, latihan
dengan kecepatan 60 km / jam dengan jarak berhenti 17-20 meter dari titik awal
penarikan tuas rem. Pengemudi bisa mengasah ketrampilan menaikkan
dengan sering berlatih bagaimana mengukur jarak pengereman yang ideal
trek yang dikhususkan untuk pelatihan mengemudi.

Penggunaan teknik pengereman dan teknik pembukaan gas
sangat intens terasa saat menghadapi tikungan di jalan raya. Di
menghadap belokan, pengemudi perlu mengerem perlahan
sebelum memasuki area tikungan dan menikung dengan kecepatan konstan.

Hindari mengurangi atau menambahkan non-gas secara tiba-tiba.
Pastikan posisi postur motor dan tubuh saat berkendara dalam kondisi
seimbang, sehingga terhindar dari risiko tergelincir.

Johanes Lucky, AHM Safety Riding Manager mengatakan, beragam
teknik mengemudi harus dikuasai oleh para
pengendara untuk mengurangi
potensi bahaya bagi pengemudi dan daerah sekitarnya.

"Tidak hanya teknik untuk mengatur pembukaan gas dan teknik pengereman, tetapi juga perlu mempertimbangkan beberapa teknik mengemudi lainnya seperti postur yang tepat, teknik untuk menghadapi berbagai situasi jalan, dan mengenali rambu-rambu lalu lintas," kata Johanes. [Po/Haz]

Posting Memahami Kontrol Gas & Teknik Pengereman yang Baik muncul pertama kali di Pojokoto.com.

Leave a Reply

Open Chat
Halo , Ada yang bisa saya bantu?