majujayamotor.id

Call us : +62812 8365 2989
mjmasd

JAKARTA – Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 55/2019 tentang Program Percepatan Baterai Kendaraan Listrik dimaksudkan menjadi salah satu solusi tepat dalam mengurangi pencemaran udara di Indonesia.

Namun demikian, hingga saat ini pengembangan kendaraan listrik di tanah air bagi para pelaku industri otomotif masih membutuhkan peran stakeholders termasuk peran pemerintah dalam mewujudkan ekosistem udara bersih di Indonesia.

Berbagai langkah telah ditempuh, salah satunya peran PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III dengan mengajak masyarakat untuk menggunakan Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (BBM) yang berkualitas, seperti Pertamax Series dan Dex Series.

Hal tersebut terungkap dalam diskusi virtual interaktif MOR III dengan media massa dan Forum Jurnalis Otomotif (FORWOT), di Jakarta, Jumat (11/9). Langkah Pertamina MOR III ini menjadi salah satu solusi dalam mengurangi pencemaran udara.

Berdasarkan data AQI Air Visual, pada saat diberlakukannya kembali kebijakan Normal Baru oleh pemerintah, kualitas udara Jakarta menduduki peringkat ke-5 dengan pencemaran udara tertinggi, bahkan pada bulan Juni 2020 pencemaran udara di Jakarta menduduki peringkat nomor 1, dengan indeks AQI sebesar 177 (tidak sehat).

Langkah Pertamina MOR III dengan mengajak masyarakat untuk mulai beralih ke penggunaan bahan bakar berkualitas akan berdampak pada hasil emisi gas buang kendaraan yang lebih sedikit dan polusi udara yang berkurang.

Unit Manager Communication Relation & CSR MOR III Eko Kristiawan mengungkapkan, bahan bakar berkualitas memiliki formula aditif khusus yaitu anti korosi untuk mencegah korosi, deterjen yang dapat membersihkan endapan di ruang bakar sehingga dapat menghasilkan pembakaran yang sempurna, dan demulsifier untuk menjaga air yang terkontaminasi bahan bakar.

Dengan aditif tersebut, jelasnya, produk bensin dengan angka oktan di atas 90 dapat menghasilkan pembakaran sempurna sehingga emisi gas buang lebih sedikit.

“Karenanya, masyarakat yang menggunakan bahan bakar berkualitas tidak hanya bisa menjaga mesin kendaraan, tapi juga menjaga kualitas udara agar lebih bersih,” kata Eko saat berdiskusi.

Eko menambahkan, udara bersih saat ini menjadi salah satu perhatian Pertamina. Pasalnya, udara bersih akan meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama pada saat pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Untuk menjaga kualitas udara tersebut, Pertamina memiliki beberapa varian produk bahan bakar yang dapat digunakan sesuai dengan jenis dan spesifikasi kendaraannya. Untuk kendaraan yang menggunakan bensin bisa menggunakan bahan bakar jenis Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), atau Pertamax Turbo (RON (98). Sedangkan untuk kendaraan diesel, tersedia varian produk Dexlite dan Pertamina Dex.

“Saat ini di mana sebagian masyarakat menggunakan kendaraannya, kami mengajak masyarakat untuk menjaga kualitas udara dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas,” ujarnya.

Dengan menggunakan bahan bakar rendah emisi ini, masyarakat dapat berkontribusi untuk menciptakan udara bersih, lingkungan yang asri, sehat dan baik bagi keluarga. [Po/Byn]

Postingan Menekan Polusi Udara, Pertamina Mengkampanyekan BBM Berkualitas muncul pertama kali di Pojokoto.com.

Leave a Reply

Open Chat
Halo , Ada yang bisa saya bantu?